Selasa, 16 Oktober 2012

Semaphore

Pada siang ini, saya akan menambah postingan tentang Materi, yaitu Semaphore. Sebagai Pramuka, siapa sih  yang tidak tau dengan  yang namanya Semaphore.

Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, dimana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan.

Berikut adalah Karakter dari Kode Semaphore.




Sejarah Semaphore
Semaphore merupakan salah satu bentuk isyarat menggunakan bendera yang lazim digunakan ketika perang sipil di Amerika Serikat. Ketika itu bendera yang digunakan berwarna putih dan oranye serta hanya terdiri dari satu bendera saja. Orang yang ditugaskan melakukan isyarat bendera ini biasanya berdiri di sebuah tempat yang tinggi atau di lantai yang tingginya sekitar 2-3 meter dari permukaan tanah semaphore.


dikutip dari : wikipedia

2 komentar:

Maaf Kak! saya dari angkatan 21 izin bertanya. Nama Kakak siapa? bolehkah blogspot ini digunakan untuk angkatan kami?? kare blogspot ini sangatlah menarik :D terimakasih kak

Kedai Pramuka ScoutAddict Kediri menyediakan berbagai macam atribut, perlengkapan dan aksesoris pramuka
Info pemesanan WA> 081217746083
Info produk lihat di blog http://scoutaddictindo.blogspot.co.id/

Kakak-kakak bisa juga belanja di marketplace ScoutAddict
Tokopedia : https://www.tokopedia.com/scoutaddict
Bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/scoutaddict?from=dropdown

Posting Komentar