Jumat, 26 Oktober 2012

Unit Bantu Pertolongan Pramuka ( UBALOKA )





UBALOKA atau Unit Bantu Pertolongan Pramuka adalah Unit Kegiatan DKC Banyumas yang didalamnya berisi Personil Pramuka Penegak dan Pandega Putra dan Putri yang mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi membina kesiapan operasi pertolongan dan kemanusiaan atau  (SAR=Search And Rescue). Ubaloka Banyumas berdiri mulai tahun 2000 yang merupakan angkatan pertama Ubaloka Banyumas. Dan sampai sekarang Ubaloka Banyumas telah mencapai Angkatan XI pada tahyn 2011.

Seperti organisasi atau badan lain,Ubaloka juga memiliki semboyan sebagai landasan atau doktrin anggota Ubaloka, yaitu "YUANA PRATIDINA BHAKTI YOJANA". YUANA sendiri bermakna anak muda Anggota Ubaloka, sedangkan PRATIDINA berarti siap sedia setiap saat. BHAKTI  memiliki arti mengabdi atau berbakti. Dan YOJANA berarti bumi Nusantara atau Indonesia. Jadi makna keseluruhan adalah "Pemuda Anggota Ubaloka Yang Siap Sedia Setiap Saat Mengabdi diatas Bumi Indonesia."

Anggota Ubaloka direkrut dari Anggota Pramuka Golongan Penegak dan Pandega. Yaitu Anggota Pramuka yang berusia 16-25 Tahun pada awal perekrutan dan keanggotaanya adalah seumur hidup. Jadi siapapun yang telah menjadi anggota Ubaloka, maka selama hayat masih dikandung badan, dia tetap anggota Ubaloka yang mempunyai kewajiban dan hak anggota Ubaloka.

Untuk menjadi Anggota Ubaloka, calon Anggota harus melalui tahap seleksi, baik itu seleksi Fisik yang berupa kemampuan berenang, kesehatan dan kesamaptaan dan juga seleksi Pengetahuan Umum dam Kepramukaan. Peserta yang lolos seleksi akan melaksanakan pendidikan dasar yang disebut GLADI TANGGUH UBALOKA selama 7 hari diwilayah Banyumas dan sekitarnya. Setelah menyelesaikan GLADI TANGGUH dengan predikat lulus, maka akan resmi menjadi Anggota Ubaloka.

Selain  GLADI TANGGUH, Ubaloka memiliki pendidikan lanjutan yang disebut GLADI MANTAP UBALOKA. Ada tiga spesifikasi kemampuan pendidikan GLADI MANTAP ini. Antara lain MOUNTAIN RESCUE atau SAR Gunung dan Rimba, WATER RESCUE atau SAR Air, dan FIRTS AID atau Pertolongan Pertama


1 komentar:

Kedai Pramuka ScoutAddict Kediri menyediakan berbagai macam atribut, perlengkapan dan aksesoris pramuka
Info pemesanan WA> 081217746083
Info produk lihat di blog http://scoutaddictindo.blogspot.co.id/

Kakak-kakak bisa juga belanja di marketplace ScoutAddict
Tokopedia : https://www.tokopedia.com/scoutaddict
Bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/scoutaddict?from=dropdown

Posting Komentar